WAGUB SAMPAIKAN LKPJ GUBERNUR BANTEN TAHUN 2012

WAGUB SAMPAIKAN LKPJ GUBERNUR BANTEN TAHUN 2012

30 Apr 2013 16:04 pm  |  219 Kunjungan

Wakil Gubernur (Wagub) Banten-H.Rano Karno, Senin (29/4) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Banten tahun anggaran 2012 dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten di Gedung DPRD Banten, KP3, Kec.Curug, Kota Serang.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Banten-H.Aeng Haerudin dan dihadiri 62 anggota DPRD Banten lainnya. Turut hadir Plh.Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten-H.Asmuji HW, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan para Kepala SKPD lingkungan Provinsi Banten.

Dalam Nota Pengantar LKPJ Gubernur Banten yang dibacakan Wagub tersebut dijelaskan bahwa dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten tahun 2012, Pemerintah Provinsi Banten mengusung tema pembangunan yaitu percepatan pembangunan infrastruktur mendorong pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakar, maka sejalan dengan tema tersebut selanjutnya ditetapkan 5 prioritas pembangunan daerah pada tahun 2012 yaitu: 1. pemantapan dan tata kelola pemerintah; 2. pendidikan, kesehatan, kebudayaan, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran; 3. ketahanan pangan, iklim investasi dan usaha serta peningkatan produktivitas unggulan daerah; 4. infrastruktur wilayah dan energi; dan 5. pengelolaan sumber daya alam, lingkungan hidup dan kebencanaan.

Kelima prioritas pembangunan daerah tersebut selanjutnya dijabarkan dalam program dan kegiatan tahun anggaran 2012 yang dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kesejahtraan masyarakat Banten.

“Keberhasilan yang dicapai di antaranya keberhasilan pencapaian kinerja agenda pengembangan sumber daya manusia yang ditunjukkan adanya penurunan prosentase rumah tangga miskin (RTM) dari 24,58% di tahun 2011 menjadi 20,00% pada tahun 2012. Dalam rangka percepatan pemberdayaan masyarakat miskin telah dicanangkan program Gerakan Pembangunan Kecamatan Banten Bersatu (Gerbang Ratu) yaitu dalam bentuk bantuan keuangan kepada kabupaten dan kota melalui replikasi mekanisme PNPM” ujar Wagub.

Selain itu, Wagub juga menambahkan bahwa keberhasilan yang telah dicapai oleh Pemerintah Provinsi banten adalah tingkat penangguran terbuka (TPT) di Provinsi Banten mengalami penurunan dari 13,06% pada tahun 2011 menjadi 10,13 pada tahun 2012. “Capaian ini didukung oleh pelaksanaan program peningkatan perluasan kesempatan kerja dan berusaha melalui kegiatan penyebarluasan informasi bursa tenaga kera (Job Fair)” tambahnya.

(humasprotokol.bantenprov.go.id)

Berbagi :