BANTEN EXPO 2013 RESMI DITUTUP

BANTEN EXPO 2013 RESMI DITUTUP

27 Sep 2013 10:53 am  |  255 Kunjungan

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten-H.Muhadi, Selasa (24/9), menutup secara resmi kegiatan Banten Expo 2013 dan Gerakan Keuangan Inklusif Tahun 2013 yang ditandai dengan pemukulan gong di Alun-alun Barat Kota Serang.

Dalam sambutannya Sekda mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti Banten Expo, terutama yang berasal dari provinsi lain, kabupaten/kota luar Provinsi Banten maupun peserta dari SKPD di lingkungan Provinsi Banten dan Kab/Kota se-Provinsi Banten.

Melalui kegiatan Banten Expo dan Gerakan Keuangan Inklusif adalah rangkaian kegiatan dalam semarak memperingati Hari Jadi ke-13 tahun Provinsi Banten yang secara resmi akan diperingati pada 4 Oktober 2013 mendatang.

Pada kegiatan ini kalangan perbankan telah menyalurkan kreditnya kepada beberapa pengusaha kopersai maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan nilai transaksi mencapai Rp20 miliar lebih dan pada pameran Banten Expo ini juga telah terjadi transaksi sekitar Rp5 miliar lebih. Hal ini merupakan bagian dari kebijakan Provinsi Banten dalam rangka memberikan fasilitasi bagi kalangan pengusaha.

Ke depannya, Sekda menegaskan bahwa Banten akan membentuk Perusahaan Penjamin Kredit Daerah yang Peraturan Daerah (Perda)-nya sudah disetujui. “Insya Alllah tahun depan Provinsi Banten akan memiliki Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah. Tujuannya adalah untuk memajukan koperasi dan UMKM, terutama memudahkan mereka mendapatkan akses permodalan kepada bank” ujar Sekda.

Selain itu dengan berakhirnya Banten Expo 2013, Sekda mengharapkan kepada para peserta dari luar daerah Banten, setelah mengikuti kegiatan Banten Expo untuk tidak menyegerakan pulang ke daerahnya. Sekda berharap mereka berkesempatan untuk melihat-lihat wisata yang dimiliki Banten, baik wisata religi maupun wisata kulinernya sehingga pulangya nanti tidak hanya sukses mengikuti Banten Expo tetapi juga sempat melihat-lihat wisata Banten.

Kemudian dalam laporannya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten-H.Ranta Soeharta menyampaikan bahwa kegiatan Banten Expo 2013 ini telah dilaksanakan sejak tanggal 20 September yang lalu dan akan berakhir pada hari ini (Selasa (24/9)). Acara tersebut telah berlangsung dengan lancar dan sesuai rencana.

“Sejak awal dibuka hingga berakhirnya pelaksanaan pemeran Banten Expo 2013 dan Gerakan Keuangan Inklusif 2013, tercatat kurang lebih 100.000 orang pengunjung telah melihat dan mengunjungi kegiatan ini” jelas Kepala Disperindag.

“Sedangkan berdasarkan data transaksi perdagangan yang kami kumpulkan secara kolektif dari peserta kegiatan pemeran Banten Expo 2013 dan Gerakan Keuangan Inklusif 2013 telah menghasilkan omset transaksi sebesar Rp5,3 miliar, baik dilakukan melalui penjualan langsung maupun kontrak yang didapatkan selama berlangsungnya acara ini” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan piala Gubernur Banten dan Uang Pembinaan kepada para peraih penghargaan dalam lomba Cipta Inovasi Provinsi Banten tahun 2013 untuk katagori SMA/SMK/MA. Dengan perolehan juara pertama diraih oleh Dilla Priskayanti dan Lathifa Kharunisa dari SMA La Tansa Kabupaten Lebak, juara kedua Atika dari SMK Budi Mulia Kota Tangerang dan Juara ketiga Ahmad dan Muhamad Irfan SMA La Tansa Kabupaten Lebak.

Kemudian, panitia juga menilai stand terbaik pada ajang pameran Banten Expo 2013 untuk kategori SKPD Provinsi Banten dan luar Provinsi Banten dengan perolehan peringkat pertama dimenangkan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten, peringkat kedua stand terbaik dimenangkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Lumbuk Linggau dan peringkat ketiga stand terbaik dimenangkan Kementerian Agama Provinsi Banten. (humasprotokol.bantenprov.go.id)

Berbagi :