E-KTP Seumur Hidup Berlaku 2014

E-KTP Seumur Hidup Berlaku 2014

2 Dec 2013 10:23 am  |  342 Kunjungan

SERANG - Pemerintah akan memberlakukan e-KTP seumur hidup. Hal ini menindaklanjuti rapat keraja nasional sebagai tindak lanjut dari perubahan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2006 tentang Penyelengaraan Administrasi Kependuudkan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang Ipianto Mengatakan, rencananya e-KTP seumur hidup mulai berlaku pada Januari 2014. "Perubahan antara lain KTP elektronik yang semula lima tahun, ke depan jadi seumur
hidup," ujarnya kepada wartawan, Senin (2/12/2013).

Ipianto mengatakan, nantinya daerah punya kewenangan untuk mencetak e-KTP di daerah masing-masing. "Pembiayaan memang dari pusat. Daerah hanya bersifat membantu saja," ujarnya.

Mengenai penduduk yang sudah memiliki e-KTP dan KTP konvensional, kata Ipianto, tetap masih berlaku. "Tetap masih berlaku. Ketika sudah habis masa berlakunya baru kemudian dapat yang seumur hidup," jelasnya.

Pemberlakuan e-KTP seumur hidup sendiri, menurut Ipianto, masih dalam pembahasan.

Mengenai efek dari pemberlakuan e-KTP seumur hidup, nantinya akan ada pengaruh pada pendapatan daerah. "Kosekuensi gratis akan hilang potensi pendapatannya," ungkasnya. (Wahyudin,radarbanten.com)

Berbagi :